Gathering Edukasi & Animal Rescue

27 Juli 2019 15:30. Berita "KEGIATAN MASYARAKAT". Dibagikan oleh AISYA RAHMAH AYU NOVANTINA. Dibaca 822 kali.



Klaten – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan rasa cinta anak-anak terhadap hewan, RT 3  Desa Bolali membuat kegiatan “Gethering Edukasi & Animal Rescue” (Sabtu, 27 Juli 2019). Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak Taman Pendidikan Alquran. Gethering edukasi ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan di Desa Bolali untuk  memberikan kesan dan pengalaman belajar yang berbeda bagi anak-anak TPA.

Komunitas Animal se-Kota Solo mengatakan bahwa ular memiliki pendengaran dan penglihatan yang buruk, namun ular mendeteksi daerah yang ada disekitarnya melalui getaran. Anak-anak diajari bagaimana cara mengatasi ular jika bertemu secara tidak sengaja. Adapun caranya adalah ketika bertemu dengan ular cukup diam dan  jangan membuat gerakan yang mengejutkan ular, ular akan pergi dengan sendirinya. Kemudian cara yang dapat dilakukan yaitu teriak minta tolong mengingat bahwa ular tidak dapat mendengar suara dengan baik.

(Baca Juga : LOMBA MERANGKAI BUAH & SAYUR)

Komunitas Animal tersebut juga memberi edukasi ketika seseorang mendapati ular masuk kedalam rumah, hal yang pertama dilakukan adalah menutup kepala ular menggunakan kain kemudian memegang bagian kepalanya dengan hati-hati tetapi  jangan terlalu erat karna dapat melukai ular tersebut. Kemudian cara kedua dapat dilakukan dengan mengambil sapu dan serok kemudian memasukkan ular tersebut kedalam serok menggunakan sapu secara perlahan.

Ular tidak takut terhadap garam. Komunitas Animal  memberi alat peraga dengan mengelilingi ular menggunakan  garam, namun ular tersebut tetap dapat melewati garam tersebut. Sehingga Komunitas Animal  tidak menyarankan untuk mengantisipasi ular agar tidak masuk kedalam rumah dengan menaburkan garam.

Tidak hanya Gethering Edukasi,  anak-anak TPA juga dapat mengambil foto dan memegang  hewan-hewan seperti berbagai macam ular, burung hantu, iguana, dan musang. Anak-anak TPA terlihat sangat antusias dan ikut berpartisipasi dalam menerima materi edukasi ini. Diharapkan dengan adanya edukasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta antisipasi anak-anak TPA mengenai perilaku hewan dan menanamkan rasa cinta terhadap hewan yang ada di lingkungan sekitar mereka.

 

                                                                                                                                                                  

Berita Lainnya