Langkah Sederhana Menuju Bolali Sehat, Mahasiswa KKN Mengadakan Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat di SDN 1 Bolali

29 Juli 2019 07:00. Berita "PEMBINAAN MASYARAKAT". Dibagikan oleh AISYA RAHMAH AYU NOVANTINA. Dibaca 127 kali.



Klaten - Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan gaya hidup sehat bagi anak-anak di Desa Bolali, KKN UNNES mengadakan kegiatan PHBS (Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat). Anak-anak sering tidak memperhatikan kesehatan mereka, seperti tidak mencuci tanggan sebelum makan, malas untuk sikat gigi dan makan-makanan yang  sembarangan.  Untuk menjaga kesehatan, yang perlu diperhatikan adalah pengaturan pola hidup sehat dan kesadaran akan pentingnya kesehatan itu sendiri. 

Penyuluhan hidup bersih dan sehat bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang mendasar kepada anak-anak terutama anak SD Desa Bolali untuk melakukan proteksi agar terhindar dari sakit penyakit. Adapun proteksi yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci tanggan sebelum dan sesudah makan.

(Baca Juga : Menyambut Acara Kemerdekaan HUT RI Ke-74, Karang Taruna Desa Bolali Mengadakan Rapat Persiapan)

Dengan mencuci tangan secara baik dan benar, yaitu dengan mengosok bagian telapak, jari-jari tangan, punggung dan lengan tangan menggunakan sabun, dapat mencegah terjadinya infeksi. Kuman yang masuk kedalam tubuh paling banyak berasal dari kuman yang ada ditangan. Oleh karena itulah pentingnya kesadaran mencuci tanggan baik sebelum dan sesudah makan maupun sebelum dan sesudah tidur.

Tidak hanya mencuci tangan kesadaran akan sikat gigi tidak kalah pentingnya. Sikat gigi harus dilakukan dengan langkah yang benar, karena langkah yang tidak benar menyebabkan kerusakan pada gusi dan gigi. Anak-anak SD Bolali juga diajarkan untuk sikat gigi sebelum dan sesudah tidur.

Diharapkan setelah adanya penyuluhan ini, anak-anak SD Bolali lebih memahami akan pentingnya mencuci tangan dan mengosok gigi secara baik dan benar. Acara PHBS ini diapresiasi oleh guru dan anak-anak SD Desa Bolali. Kemudian diakhir kegiatan anak-anak dan sekolah SD Bolali diberi kenang-kenangan oleh mahasiswa KKN.

Berita Lainnya