Kader Gizi Adakan Pertemuan Untuk Bahas PMT

08 Agustus 2019 14:00. Berita "PEMBINAAN MASYARAKAT". Dibagikan oleh AISYA RAHMAH AYU NOVANTINA. Dibaca 160 kali.



Klaten- Sesusai dengan jadwal yang telah ditetapkan (8/8/19), diadakan pertemuan rutin bulanan oleh para kader gizi Desa Bolali. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas PMT yang akan diberikan kepada balita pada saat posyandu. PMT atau kepanjangan dari Pemberikan Makanan Tambahan merupakan kegiatan pemberian makanan kepada balita dalam bentuk kudapan yang aman dan bermutu beserta kegiatan pendukung lainnya dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan.

Pemberian PMT untuk balita tidak lain adalah bertujuan untuk meminimalisir masalah kesehatan terkait dengan gizi. Masalah yang masih muncul yaitu stunting (balita pendek) dan gizi buruk. Permasalahan tersebut terjadi karena pengetahuan orang tua (khususnya ibu) yang masih kurang akan kebutuhan balita, asupan gizi yang dibutuhkan anak, serta cara pengolahan makanan yang salah. yang Pemerintah Desa Bolali mendukung penuh dalam pelaksanaan program PMT posyandu disetiap dukuh.

(Baca Juga : Menyambut Acara Kemerdekaan HUT RI Ke-74, Karang Taruna Desa Bolali Mengadakan Rapat Persiapan)

PMT yang akan diberikan kepada balita antara lain soto, tahu, susu kedelai, dan buah jeruk. Selain balita kader juga memberikan PMT kepada lansia, karena pelaksanaan posyandu lansia dan balita dilakukan secara bersamaan. Bu Bidan berpesan kepada kader untuk menyampaikan kepada ibu-ibu agar membawa garam pada saat pelaksanaan posyandu. Karena akan ada pemeriksaan kandungan yodium pada garam dapur, sehingga ketahuan garam yang selama ini digunakan baik atau tidak.

“Kalau menambahkan garam pada saat masak yang baik setelah masakan itu matang, agar kandungan yodium tidak rusak. Jangan simpan garam di dekat kompor atau didaerah yang terkena panas nggih Bu”, tutur Bu Bidan.

Sesuai koordinasi yang dilakukan oleh Puskesmas Wonosari, dilakukan penjaringan mengenai stunting. Oleh sebab itu, Bidan Desa akan mengadakan penyuluhan stunting di posyandu Dukuh Kebak.

Berita Lainnya