Pelatihan Design Class Untuk Karang Taruna Guna Meningkatkan Sumber Daya Manusia Dan Penerapan Desa Bolali Sebagi Desa IT

06 Agustus 2019 19:00. Berita "PEMBINAAN MASYARAKAT". Dibagikan oleh AISYA RAHMAH AYU NOVANTINA. Dibaca 191 kali.



Design class atau bisa disebut juga dengan kelas desain adalah salah program kerja yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Lokasi Tahap 1  UNNES di Desa Bolali Kecamatan Wonosari, Klaten, Jawa Tengah. Tujuan dari program kerja tersebut adalah untuk memberikan ilmu secara teknis kepada anak muda Desa Bolali agar memahami lebih dekat lagi mengenai dunia desain, kenapa hal tersebut dilakukan? Karena Desa Bolali telah diberikan amanah dari Bupati Klaten untuk menjadi Desa IT atau Desa yang berbasis Informasi Teknologi. Sasaran program kerja ini adalah anak muda atau karang taruna Desa Bolali, hal ini diharapkan bagian dari penerus kemajuan Desa Bolali.

Program kerja ini dilaksanakan  pada tanggal 5 dan 6 Agustus di Gedung PKK Balai Desa, sarana dan prasarana yang dibutuhkan yaitu satu buah laptop dan mouse dari tiap dukuh, dan mempunyai media desain CorelDraw dan tidak diperbolehkan menggunakan media desain lain, hal ini dilakukan karena pelatihan ini fokus pada CorelDraw yang sering digunakan di masyarakat sekitar. Antusias pemuda dalam mengikuti pelatihan ini sangatlah tinggi, hal ini dibuktian dengan daftar hadir yang penuh dan fokus ketika acara sedang berlangsung

(Baca Juga : DESA BINAAN 2018)

Secara tidak langsung ternyata program kerja DesignClass ini bertepatan dengan acara serangkaian 17 Agustus yang ada di Desa Bolali, dan atas kesepakatan bersama dari berbagai pihak yang meliputi mahasiswa KKN UNNES, Bapak Kepala Desa Bolali, dan juga pemuda Karang Taruna Desa Bolali bersepakat untuk memasukan program kerja tersebut ke dalam serangkaian acara 17 Agustus, dengan menggunkan tema lomba yaitu pembuatan logo Bumdes.

Alur dari perlombaan tersebut yaitu membuat logo Bumdes untuk Desa Bolali beserta deskripsi makna dari logo tersebut dan pesertanya adalah karang taruna antar dukuh dengan batas maksimal 3 orang dari masing-masing dukuh.  Pemenang dari lomba ini nantinya akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan juga piala sebagai bentuk penghargaan, dan yang paling terdengar menyenangkan yaitu hasil desain logo dari pemenang lomba tersebut akan dijadikan logo BumDes Bolali.

Berita Lainnya