Tim KKN Unnes Ajak Anak Gemar Menabung Melalui Sosialisasi

22 Agustus 2019 16:00. Berita "KEGIATAN MASYARAKAT". Dibagikan oleh AISYA RAHMAH AYU NOVANTINA. Dibaca 218 kali.



Mengatur keuangan adalah salah satu skill yang harus dimiliki setiap orang. Dengan pandai mengatur keuangan maka kita akan memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik. Namun, tidak semua orang mampu mengatur keuangannya dengan baik, karena itu skill ini harus dilatih dan diasah sejak dini. Selain membiasakan hidup hemat, dengan memiliki skill ini kita dapat menggurangi kebiasaan konsumtif dan dapat memprioritaskan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan.

Sebagai bentuk perhatian, tim KKN Unnes memberikan sosialisasi menabung sejak dini di desa Bolali kepada anak-anak usia TK hingga sekolah dasar. Anak-anak diajarkan bagaimana cara mengatur keuangan yang baik agar mereka dapat membelanjakan uang sesuai kebutuhan.

(Baca Juga : Wonosari Expo, Perpisahan Serta Penutup Seluruh Acara KKN Di Kecamatan Wonosari)

Ketika ditanya, ternyata sebagian anak-anak sudah bisa menyisihkan uang saku mereka, namun uang itu mereka sisihkan untuk membeli sesuatu yang diinginkan seperti mainan dan bukan untuk ditabung. Hanya beberapa dari mereka yang memiliki celengan dan yang menabungkan sebagian uang saku.

Sosialisasi ini mencakup dua bagian, yaitu penjelasan mengenai manfaat menabung dan cara mengatur keuangan. Kedua, pembuatan celengan dari bahan-bahan bekas. Melalui materi yang diberikan diharapkan akan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan anak tentang keuangan, lalu untuk meningkatkan minat menabung, anak-anak diajak membuat celengannya sendiri.

Sosialisasi yang dilakukan ini sangat bermanfaat, selain menambah wawasan anak mengenai keuangan, dengan membuat celengannya sendiri anak-anak akan semakin semangat dalam menabung.

Berita Lainnya