Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Buku, PAUD Nusa Indah Laksanakan GERNAS BAKU

26 Juli 2019 08:00. Berita "PEMBINAAN MASYARAKAT". Dibagikan oleh AISYA RAHMAH AYU NOVANTINA. Dibaca 130 kali.



Buku adalah jendela dunia, pepatah ini tentu tidak asing lagi ditelinga kita. Namun, dewasa ini pepatah tersebut semakin luntur sedikit demi sedikit. Minat baca anak semakin luntur seiring perkembangan zaman. Berdasar hasil survey BPS tahun 2015, 91,47% anak usia sekolah lebih suka menonton televisi dan hanya 13,11% yang suka membaca.

Buku menjadi sarana pencerdasan, maka dari itu minat membaca perlu ditanamkan dan ditumbuhkan sejak dini. Memperkenalkan buku pada anak sejak dini akan membangun kebiasan baik dan memiliki banyak manfaat seperti menambah kosa kata dan melatih keterampilan berkomunikasi. Untuk mendukung tumbuhnya minat baca sejak dini, PAUD Nusa Indah Desa Bolali melaksanakan GERNAS BAKU pada xx, Juli 2019.

(Baca Juga : Jumat Sehat, Desa Bolali Ajak Ibu-Ibu Untuk Melaksanakan Kegiatan Senam Pagi)

GERNAS BAKU adalah gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di satuan PAUD, dan di masyarakat. Tidak hanya anak, GERNAS BAKU juga melibatkan peran orang tua. Membacakan buku pada anak dapat mempererat hubungan sosial-emosi antara anak dan orang tua. Selain itu, orang tua dapat memahami kemampuan membaca anak dan membiasakan diri untuk membacakan buku pada anak.

Untuk mendukung dan mensukseskannya, PAUD Nusa Indah mengundang seluruh wali murid untuk menghadiri acara tersebut. Dimulai dari pengenalan program GERNAS BAKU pada orang tua, lalu menyanyi bersama, pembagian buku, dan tak lupa juga pemberian panduan tahap-tahap pembacaan buku pada anak.

Dengan hadirnya GERNAS BAKU, diharapkan dapat menjadi solusi untuk menumbuhkan minat baca anak sejak dini melalui peran orang tua, lingkungan, dan masyarakat.

Berita Lainnya