Bersama Tim PKK Desa Bolali Ajak Masyarakat Untuk Peduli Akan Pemanfaatan Pekarangan Dan Kebersihan Lingkungan Desa Dengan Program Hatinya PKK

24 Agustus 2019 09:00. Berita "PEMBERDAYAAN MASYARAKAT". Dibagikan oleh AISYA RAHMAH AYU NOVANTINA. Dibaca 1,104 kali.



            Klaten – 24 Agustus 2019. Desa bolali, meski menjadi desa yang berada di sisi paling utara kabupaten Klaten dan berbatasan langsung dengan Sukoharjo yang masih menjadi wilayah Surakarta, desa ini menjadi desa yang terus berkembang. berbagai program terus dikembangkan, mulai dari peremajaan atau menghidupkan kembali forum desa dan kegiatan yang lama fakum dari PKK hingga Karang taruna desa. Selain itu program – program peningkatan Sumber Daya Manusia, dibidang kebersihan lingkungan desa juga terus dikembangkan agar desa semakin baik dan bersih.

            Desa Bolali memiliki delapan RW, masih dalam rangka perayaan HUT RI ke 74 desa Bolali mengadakan program kebersihan desa. Salah satunya adalah program yang bernama Hatinya PKK, konsep dari program ini adalah pemanfaatan lahan pekarangan warga di setiap dukuh yang masih belum dikelola dengan baik. Manfaat dari program ini juga agar pekarangan yang masih kosong itu dapat menjadi lahan yang bersih dan tertata rapi. Tidak hanya dapat diubah menjadi sebuah taman, namun mealui program ini lahan tersebut dapat diubah menjadi kebun sayuran seperti sawi, terong, dan lain – lain.

(Baca Juga : Pameran Aplikasi dan Website Desa Bolali Dalam Bursa Inovasi Desa)

            Tentunya di program ini tak luput dari peran ibu – ibu PKK di setiap dukuh yang masing – masing bekerja sama sebagai tim untuk menata ruang kosong menjadi sebuah taman dan kebun yang memiliki fungsi keindahan, kerapian, dan kebersihan serta dapat dimanfaatkan untuk diambil hasil bercocok tanamnya. Selain itu, tujuan dari program ini juga agar PKK di desa Bolali ini terus berkembang dan semakin baik.

            Kerja sama sebagai satu tim dan rasa kekeluargaan yang masih erat menjadi penyemangat dalam kegiatan ini, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik. Program ini juga dilombakan dan akan diagendakan ada setiap tahunya mulai tahun ini. Di tahun ini pemenang dari program ini adalah dukuh Krasak yang berada di RW 2 desa Bolali. Di dukuh ini pemanfaatan lahan kososng atau pekarangan rumah yang masih kosong diubah menjadi sebuah taman kecil berisi tanaman hias dan sebagai tempat penanaman tanaman obat. Berbeda dengan tujuh dukuh lainnya yang masih memanfaatkannya sebagai taman saja.

            Dengan adanya program ini diharapkan pemberdayaan sumber daya manusia yang memiliki kreatifitas tinggi dan kepedulian akan pentingnya kebersihan lingkungan desa dapat terus meningkat. Dan diharapkan setiap warga yang ada di desa dapat menyalurkan ide – ide guna pembangunan desa berkelanjutan dan desa Bolali dapat menjadi desa yang semakin maju dan bersih lingkungannya.

Berita Lainnya