Lomba Desain Logo BUMDes Desa Bolali

25 Agustus 2019 10:00. Berita "PEMBERDAYAAN MASYARAKAT". Dibagikan oleh AISYA RAHMAH AYU NOVANTINA. Dibaca 389 kali.



Klaten - Lomba desain Logo BUMDesa Desa Bolali merupakan salah satu program yang dilakukan untuk memulai langkah awal BUMDes Bolali yaitu dengan pembuatan logo BUMDes Bolali. Kegiatan ini bertujuan untuk menentukan logo BUMDes Bolali yang harapannya setelah ini BUMDes Bolali dapat aktif dan tidak pasif atau mati.

Dalam buku panduan BUMDes yang di keluarkan Departemen Pendidikan Nasional (2007:4). BUMDes adalah merupakan badan usaha milik desa yang didirikan atas dasar kebutuhan dan potensi desa sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Berkenaan dengan perencanaan dan pendiriannya, BUMDes dibangun atas prakarsa dan partisipasi masyarakat. BUMDes juga merupakan perwujudan partisipasi masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga tidak menciptakan model usaha yang dihegemoni oleh kelompok tertentu ditingkat desa. Artinya, tata aturan ini terwujud dalam mekanisme kelembagaan yang solid. Penguatan kapasitas kelembagaan akan terarah pada adanya tata aturan yang mengikat seluruh anggota (one for all).

(Baca Juga : Dukuh Bolali Adakan Takbir Keliling Dadakan Bersama Tim KKN)

Dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan Dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa menyatakan bahwa Badan Usaha Milik Desa, yang selanjutnya disebut BUMDes, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.

Program ini dilakukan dengan langkah awal yaitu mempersiapkan lomba dengan menentukan persyaratan lomba, penunjukan juri, teknis kegiatan, dan indikator penilaian lomba.

Penyampaian pengadaan lomba ini disampaikan pada akhir program desain class yang diadakan Desa Bolali. Kegiatan ini diwajibkan untuk semua dukuh yang ada di Desa Bolali. Setiap dukuh mengirimkan hanya mengirimkan satu tim yang keanggotaannya maksimal tiga orang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2019 sampai pengumuman 3 terbaik yang diumumkan pada tanggal 23 Agustus 2019. Kemudian pada tanggal 24 Agustus 2019, pembuat 3 desain terbaik melakukan presentasi di balai desa Bolali dihadapan Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Mahasiswa KKN yang beranggotakan 12 orang.

Dalam lomba ini hanya diambil 1 pemenang karena desain logo yang dijadikan logo BUMDes Bolali hanya satu. Pemenang mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 1.250.000,- dan juga piala.

Desain logo dari pemenang kan dijadikan sebagai logo BUMDes dari desa Bolali. Pemenang juga disiapkan surat pernyataan kesanggupan bahwa akan bersedia melakukan perbaikan desain kapanpun jika dibutuhkan Desa dengan sukarela atau tanpa biaya. Dengan adanya program ini diharapkan BUMDes desa Bolali yang awalnya pasif menjadi aktif dan hidup kembali.          

Berita Lainnya