Pelepasan Mahasiswa KKN UNNES Oleh Desa Bolali

28 Agustus 2019 10:00. Berita "KEGIATAN MASYARAKAT". Dibagikan oleh AISYA RAHMAH AYU NOVANTINA. Dibaca 1,231 kali.



Klaten, 28 Agustus 2019 - KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan program dari setiap universitas berdasar Undang – undang Dasar 1945 dan UU No. 22 Thn 1961 dalam pengamalan Tridharma perguruan tinggi. Tujuan dari program ini adalah melatih mahasiswa untuk ikut serta dalam pembangunan suatu desa. Pada pelaksanaannya mahasiswa akan tinggal di suatu desa dalam jangka waktu tertentu kemudian bekerja sama dengan masyarakat menyelesaikan permasalahan pembangunan yang ada di desa tersebut.

Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia untuk melaksanakan pendidikan akademik dan profesional dalam sejumlah disiplin ilmu, teknologi, olahraga, seni, dan budaya Sebelum menjadi universitas, lembaga pendidikan ini dikenal dengan nama IKIP Negeri Semarang yang berdiri pada tahun 1965 di Kota Semarang. 

(Baca Juga : Meriah! Desa Bolali Gelar Jalan Sehat Sebagai Perayaan HUT RI Ke-74)

Sama halnya dengan universitas lain, UNNES juga memiliki program KKN. Program ini terbagi menjadi beberapa kategori di antaranya adalah KKN Lokasi yang pada tahun 2019 ini salah satunya di tempatkan di kecamatan Wonosasi, Klaten. Program KKN dilaksanakan selama 45 hari dimulai dengan pelepasan dan penerjunan mahasiswa pada tanggal 16 dan 17 Juli 2019, dan berakhir pada tanggal 28 Agustus 2019. Melalui KKN diharapkan setiap mahasiswa dapat menyalurkan ilmu atau pengetahuan yang diterimanya selama berkuliah di kampus agar berguna bagi masyarakat desa.

Pelaksanaan kegiatan KKN pasti dimulai dengan meminta ijin kepada perangkat desa guna persetujuan kegiatan. Sama halnya saat setelah penarikan KKN tentu harus ada perpisahan. Tim KKN desa Bolali Kecamatan Wonosari Klaten mengadakan acara tumpengan atau potong tumpeng sebagai tanda pepisahan dan silaturahmi. Acara dilaksanakan di kelurahan dan dihadiri oleh seluruh perangkat desa dan anggota tim KKN. Dalam susunan acaranya adalah pembukaan dengan doa, kemudian pemotongan tumpeng oleh perwakilan tim KKN untuk kepala desa, penyerahan kenang – kenangan, dan makan bersama serta salam – salam perpisahan.

Dengan adanya program KKN ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan kerja sama antara UNNES dengan Desa Bolali, Kecamatan Wonosari, Klaten sehingga untuk tahun – tahun berikutnya dapat digunakan untuk program serupa oleh mahasiswa – mahsiswa dari Universitas Negeri Semarang

Berita Lainnya