Warga Dukuh Bolali Pupuk Solidaritas dalam Perayaan Idhul Adha

11 Agustus 2019 09:00. Berita "KEGIATAN MASYARAKAT". Dibagikan oleh AISYA RAHMAH AYU NOVANTINA. Dibaca 152 kali.



Klaten - Idhul Adha merupakan salah satu hari raya besar umat Islam yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dimana umat Islam yang berhaji sedang melaksanakan wukuf di Arafah. Idhul Adha mengingatkan kita pada kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail. Namun ketika pisau mulai menempel pada leher Nabi Ismail, Allah menggantinya dengan seekor domba yang sehat dan gemuk.

Pada tanggal ini, seluruh umat Islam di dunia merayakannya dengan sholat ied dan menyembelih hewan kurban. Momen penting ini pun dirayakan di tiap dukuh di Desa Bolali, salah satunya Dukuh Bolali.

(Baca Juga : Adakan Pertemuan Rutin, PKK Desa Bolali Gelar Lomba Untuk Memperingati Hari Kemerdekaan)

Sejak malam hari raya, suasana idhul adha terasa sangat kental di Dukuh Bolali. Baik orang tua, remaja, maupun anak-anak  dan dihadiri pula oleh tim KKN Unnes berkumpul di masjid untuk mengumandangkan takbir bersama dilanjutkan dengan takbir keliling dan menyantap jamuan yang telah disediakan.

Takbir dikumandangkan hingga sholat idhul adha dilaksanakan pada keesokan harinya. Setelah melaksanakan sholat, warga Dukuh Bolali bersiap untuk menyembelih hewan kurban yang terdiri dari tiga ekor sapi dan lima ekor kambing. Hewan kurban ini nantinya akan dibagikan ke rumah-rumah warga agar semua dapat merasakan nikmat hari raya.

Seluruh kegiatan berlangsung lancar berkat gotong royong warga Bolali. Tidak ada hewan kurban yang mengamuk dan halangan lainnya. Momen Idhul Adha ini tidak hanya sebagai rangkaian ibadah, tetapi juga sarana memupuk solidaritas. Kerukunan antar individu terbangun dalam rangkaian kurban mulai dari proses penyembelihan, pemotongan daging, hingga pembagian dagung kurban.

Berita Lainnya