Dukuh Bolali Adakan Takbir Keliling Dadakan Bersama Tim KKN

10 Agustus 2019 19:00. Berita "KEGIATAN MASYARAKAT". Dibagikan oleh AISYA RAHMAH AYU NOVANTINA. Dibaca 180 kali.



Klaten - Takbir adalah seruan atau ucapan Allahu Akbar yang berarti 'Allah Maha besar'. Menjelang Idul Fitri dan Idul Adha,umat islam mengumandangkan takbiran dan pujian kepada Allah dengan menyerukan takbir.

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H / 2019 M, para mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan kegiatan takbir keliling di RW 03B Desa Bolali yang bertempat di Masjid Nurul Huda Dukuh Bolali Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten.

(Baca Juga : Tidak Perlu Mewah, Yang Penting Meriah! Perayaan Hari Kemerdekaan RI di Dukuh Sutran)

Kegiatan Takbiran Keliling ini dilaksanakan pada Sabtu Malam, 10 Agustus 2019, suasana Dukuh Bolali ramai dengan takbir keliling yang dilaksanakan oleh para mahasiswa KKN, acara ini dimeriahkan oleh anak – anak, remaja maupun orang tua yang berada disekitar wilayah Dukuh Bolali. Acara ini diawali dengan berkumpulnya para masyarakat yang mengikuti takbir keliling mereka berkumpul di halaman Masjid Nurul Huda Dukuh Bolali. Sebelum memulai takbir keliling, mereka juga diberi arahan oleh para mahasiswa KKN. Mereka dihimbau untuk berhati-hati dan melaksanakan takbir keliling dengan tertib, tidak boleh berdesak-desakan, harus sesuai dengan barisan yang sudah diatur oleh panitia. Dalam acara ini semua peserta takbir keliling berjalan dengan perlahan-lahan dengan mengumandangkan Takbir ( Allahhu Akbar 3X) mengelilingi Dukuh Bolali.

Menurut warga sekitar mengatakan bahwasanya tradisi Takbir Keliling ini dilakukan setiap tahun hanya saat menjelang Idul Fitri, sedangkan menjelang Idul Adha tidak ada kegiatan takbir keliling. Maka untuk memeriahkan malam hari menjelang Idul Adha, para mahasiswa KKN mengadakan kegiatan takbir keliling ini.

Acara takbir keliling tidak berakhir begitu saja, masyarakat tidak bergegas langsung pulang kerumahnya masing-masing, akan tetapi mereka berkumpul di Masjid Nurul Huda untuk menggemakan takbir lagi sampai larut malam.

Berita Lainnya